Ekstrakurikuler

Tujuan Pendidikan Nasional

MEMBANGUN INSAN CERDAS KOMPREHENSIP DAN KOMPETITIF

 Menurut amanat Pasal 3,  UU RI, No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL adalah Berkembangnya POTENSI PESERTA DIDIK agar menjadi manusia yang BERIMAN DAN BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERAKHLAK MULIA, SEHAT, BERILMU, CAKAP, KREATIF, MKANDIRI, dan menjadi WARGA NEGERA YANG DEMOKRATIS dan BERTANGGUNG JAWAB.

Karenanya pendidikan diupayakan dapat menghasilkan INSAN yang CERDAS, KONFREHENSHIP, dan KOMPETITIF (Cerdas spiritual, cerdas intelektual, cerdas emosional, dan cerdas kenestetik).

Pendidikan dilaksanakan berdasarkan konsep  pendidikan yang holistik ( komprehenship), proses pendidikan dilaksanakan dalam matra :

  1. Kegiatan Intrakulikuler. (Belajar Mengajar (KBM di dalam kelas dan Penanaman kebiasaan dalam kehidulan keseharian di sekolah / penanamam budaya sekolah).
  2. Kegiatan ekstrakurikuler.(Pramuka, olahraga, Seni, Kelompok Ilmiah Remaja/KIR, dll).
  3. Pembiasaan pendidikan keseharian di rumah yang sama dengan di satuan pendidikan/sekolah (Pendidikan keseharian di rumah dan lingkungan masyarkat).

Kegiatan Ekstrakurikuler

Pendidikan ekstrakurikuler adalah pendidikan di luar mata pelajaran dan bimbingan konseling, yang bertujuan untuk mengembangkan pesrdta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi dan bakat serta minat siswa melalui kegiatan khusus yang diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.

Misi kegiatan ekstarkurikuler

  1. Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat peserta didik.
  2. Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikandiri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.

Prinsip Kegiatan Ekstrakurikuler di MIN 10 Duren Sawit

  1. Bersifat individual. Dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat peserta didik masing-masing.
  2. Bersifat pilihan. Dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh peserta didik secara sukarela.
  3. Keterlibatan aktif. Kegiatan ekstrakurikuler menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing.
  4. Menyenangkan. Dilaksanakan dalam suasana yang menggembirakan bagi peserta didik
  5. Membangun etos kerja. Dikembangkan dan dilaksanakan dengan prinsip membangun semangat peserta didik untuk berusaha dan bekerja dengan baik dan giat.
  6. Kemanfaatan sosial. Dikembangkan dan dilaksanakan dengan tidak melupakan kepentingan masyarakat.

Kegiatan Ekstrakurikuler di MIN 10 Duren Sawit, Jakarta Timur

Untuk menambah keilmuan dibidang keagamaan MIN 10 Jakarta Timur, selain memberikan pendidikan ekstrakurikuler wajib seperti Pramuka, Olahraga, Seni, dan Budaya. Juga memberikan kegiatan ekstrakurikuler tambahan yaitu : Hafalan Al-Qur’an, Sholat Dhuha, Sholat Dzuhur Berjamaah dan Tadarus Juz 30.

Jl. Sawah Barat Komp. Per. Duren Sawit Baru Blok B-2 Ujung
Telp. (021) 8601880
Kode Pos 13440 Jakarta Timur
Email : min10_durensawit@yahoo.com

top

© 2016. All rights reserved.